Thursday, March 24, 2016

Tanaman yang Tidak Disukai Nyamuk

Nyamuk merupakan hewan yang memiliki kebiasaan menghisap darah manusia. Hewan dengan ukuran tubuh kecil ini pastinya akan sangat mengganggu tidur kita. Hewan ini biasanya terbang mengelilingi telinga kita dengan suaranya yang berisik kemudian menggigit yang dapat menyebabkan bentol dan juga rasa gatal. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengusir nyamuk seperti menggunakan lotion, menggunakan obat nyamuk bakar atau juga elektrik.

Namun cara-cara tersebut pastinya mengandung bahan kimia di dalamnya. Pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai beberapa cara dalam mengusir nyamuk dengan cara yang lebih ramah lingkungan seperti menggunakan atau memanfaatkan tanaman yang tidak disukai nyamuk. Nah bagi Anda yang belum mengetahui apa saja tanaman yang tak disukai nyamuk, silahkan simak terus pada pembahasannya di bawah ini!

Berikut Tanaman yang Tidak Disukai Nyamuk

Bunga Geranium

Untuk bunga jenis yang satu ini merupakan bunga yang tak disukai nyamuk. Ini dikarenakan di dalam tanaman ini mengandung senyawa yang disebut dengan geraniol dan juga sitronelol yang bisa mengusir nyamuk. Kedua zat tersebut sangat mudah untuk tercampur udara, sehingga akan membuat nyamuk pergi mengingat nyamuk tidak suka akan bau dari bunga geranium. Untuk cara menggunakannya juga cukup mudah yakni tanam saja bunga geranium ke dalam pot atau juga langsung pada tanaj. Tempatkan pada tempat yang mudah terkena jangkauan dari angin, sinar matahari yang cukup. Dengan begitu aroma zat yang dihasilkan akan membuat nyamuk pergi.

Lavender

pastinya kita sudah tidak asing lagi dengan bunga yang satu ini yakni lavender. Lavender juga merupakan salah satu tanaman yang juga dibenci oleh nyamuk. Jenis tanaman ini juga memiliki bau yang dibenci nyamuk, namun disukai manusia. Ini dikarenakan di dalam bunga Lavender terdapat kandungan seperti zat Linalool dan Lynalyl acetate yang juga dibenci oleh nyamuk. Dengan fungsinya tersebut tak heran apabila saat ini banyak lotion yang memiliki aroma teapi lavender. Mengingat bunga lavender merupakan salah satu jenis tanaman yang tak disukai nyamuk.

Rosemary

Selain kedua tanaman di atas, tanaman yang satu ini juga tak disukai nyamuk. Untuk bunga yang satu ini juga memiliki aroma seperti halnya minyak telon atau juga minyak kayu putih. Seperti yang kita ketahui bahwa kedua minyak tersebut juga bisa membantu agar kita tidak digigit nyamuk. Dengan fungsinya tersebut membuat bunga ini ampuh dalam mengusir nyamuk. Untuk bunga Rosemary sendiri dapat langsung ditanam pada pot. Namun pastikan juga agar bunga yang satu ini mendapatkan pencahayaan yang cukup serta air untuk pertumbuhan yang baik.

Serai

Serai merupakan salah satu bumbu dapur yang juga banyak digunakan di Indonesia. Selain digunakan sebagai penyedap masakan serai ternyata bisa juga digunakan untuk membantu mengusir nyamuk dalam rumah. Ini dikarenakan pada tanaman ini mengandung zat yang disebut dengan Geraniol dan juga Sitronelal yang keduanya tak disukai oleh nyamuk. Serai sendiri cocok dengan iklim di Indonesia, sehingga dapat tumbuh subur dengan baik asalkan mendapatkan perawatan yang baik pula. Untuk tanaman lain yang juga bisa berguna untuk mengusir nyamuk seperti akar wangi, suren, dan banyak lagi.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai beberapa tanaman yang tak disukai nyamuk yang bisa Anda ketahui. Dengan menggunakan tanaman-tanaman tersebut selain mempercantik ruangan rumah, juga bisa membantu dalam mengusir nyamuk.

Baca









No comments:

Post a Comment